Teh Daun Jati Cina dan 17 Manfaat Kesehatannya

Teh daun jati cina, yang terbuat dari daun senna, sena, atau sannah, semakin banyak dikenal di kalangan masyarakat karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat teh daun jati cina untuk diet adalah salah satu manfaat yang sudah pasti sering kamu dengar.

Tapi, apakah ada manfaat kesehatan lainnya?

Tentu saja ada, banyak malah.

Mau tahu apa saja khasiat teh daun jati cina?

Ayo kita simak semua informasi penting mengenai manfaat daun jati cina dan efek sampingnya, serta pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan seputar teh daun jati cina di panduan lengkap berikut ini.

Gambar Teh Jati Cina

Klasifikasi Daun Senna

Daun senna adalah daun dari tanaman jati cina, sejenis tumbuhan perdu yang biasa digunakan sebagai tanaman hias, yang berasal dari bagian selatan Mesir dan Afrika Utara.

Tanaman ini juga banyak ditemukan di Somalia, India, China dan beberapa tempat lain di Asia, Afrika dan Timur Tengah yang beriklim sedang.

Di masa lalu, daun senna banyak diperdagangkan dari pelabuhan Aleksandria/Iskandariyah untuk dikirim ke Eropa dan Asia. Oleh karena itu, tanaman jati cina sering juga disebut sebagai Senna Alexandrina.

Pohon Teh Jati Cina

Secara ilmiah, tanaman jati cina ini termasuk dalam genus tanaman berbunga dari famili tanaman polong Fabaceae.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk daun senna yang menyirip genap pada gambar daun jati cina.

Jati cina telah ribuan tahun digunakan di India dan China sebagai obat tradisional.

Hampir semua bagian dari tanaman jati cina memiliki manfaat kesehatan, tapi daun senna terbukti paling ampuh dibandingkan dengan bagian lain dari tanaman ini.

Gambar Daun Jati Cina

Manfaat Teh Daun Jati Cina

Pohon jati cina yang memiliki polong dan bunga berwarna kuning terang ini memiliki banyak manfaat kesehatan, yaitu:

Khasiat Teh Jati Cina untuk Detoksifikasi

1. Mengobati Konstipasi

Jati cina sudah lama dikenal sebagai laksatif alami. Hal ini karena jati china mengandung senyawa pencahar, yaitu glikosida antrakinon, yang sangat ampuh dalam mengatasi sembelit yang parah sekalipun.

Senyawa dalam tanaman senna ini merangsang otot pada usus besar untuk berkontraksi, sehingga kotoran dalam tubuh dapat dibuang lebih cepat. Glikosida ini juga membuat kotoran lebih lembut dengan membuat usus besar untuk menyerap air dan elektrolit lebih banyak.

Jadi, kalau kamu susah buang air besar, coba deh minum teh jati cina. BAB kamu dijamin lancar!

2. Teh Jati Cina untuk Diet

Kelebihan berat badan dan obesitas adalah sumber dari berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Teh daun jati cina sangat berguna dalam menurunkan berat badan karena beberapa hal.

Pertama, teh sena membantu mengatasi konstipasi yang biasa terjadi saat melakukan diet rendah serat, misalnya diet keto, untuk menurunkan berat badan.

Kedua, karena rendah kalori, meminum teh jati china menambah asupan cairan, yang akhirnya membantu kamu mengurangi makan.

Dan ketiga, teh daun senna membantu mengeliminasi toksin dan sisa makanan di usus besar. Detoksifikasi ini kemudian meningkatkan penyerapan nutrisi dan menjaga metabolisme yang optimal, dan pada akhirnya menghasilkan penurunan berat badan.

Teh Jati Cina untuk Diet

Berat badan kamu susah turun? Coba deh minum teh jati cina setiap hari.

3. Membersihkan Usus Besar

Kebersihan usus besar sangat baik bagi kesehatan kita, karena sisa makanan yang terakumulasi dapat menyebabkan sembelit dan panas dalam. Bahkan, toksin dapat terkumpul, dan pada akhirnya meningkatkan risiko kanker usus.

Daun sena telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China untuk membantu mendorong sisa makanan yang terakumulasi di dalam saluran pencernaan. Saking efektifnya, senna juga digunakan untuk membersihkan usus besar sebelum kolonoskopi dan operasi usus besar.

4. Mengobati Gangguan Pencernaan

Jati china dapat mengatasi gangguan pencernaan dengan memperlancar pengeluaran kotoran dan membersihkan saluran pencernaan. Senna juga dapat membantu mengatasi mual akibat kembung dengan mengeluarkan sejenis asam yang dapat menenangkan lambung.

Khasiat Daun Jati Cina untuk Kulit

5. Merawat Kondisi Kulit

Kandungan minyak esensial, resin dan tanin pada tumbuhan jati cina dapat menghilangkan peradangan pada kulit, seperti kadas atau kurap, serta luka terbuka dan luka bakar. Pengobatan ini telah dikenal sejak lama dalam pengobatan Ayurveda India.

Khasiat Daun Jati Cina untuk Kulit

6. Mengobati Infeksi Kulit

Jati china memiliki kandungan aseton dan etanol yang bersifat antibakteri yang dapat membasmi mikroorganisme penyebab infeksi pada kulit, seperti eksem dan jerawat.

Jerawat disebabkan karena pori-pori kulit tertutup oleh sebum. Senna menghilangkan jerawat dengan mengurangi produksi sebum serta meningkatkan regenerasi sel kulit dan produksi kolagen.

Manfaat Jati Cina untuk Rambut

7. Memperkuat Rambut

Sena dapat dioleskan pada rambut agar rambut menjadi lembut, berkilau serta kuat.

Caranya mudah saja.

Campurkan bubuk senna dengan air dan yoghurt, lalu oleskan pada rambut sedikit demi sedikit. Biarkan meresap ke kulit kepala dan mengering. Gunakan penutup rambut, jika perlu. Bilas setelah beberapa jam.

8. Melembapkan Rambut

Selain dapat memperkuat dan memperlebat rambut, jati cina dapat digunakan sebagai pelembab rambut. Ini adalah alternatif yang baik untuk meminimalkan dampak negatif dari penggunaan pelembap rambut yang menggunakan bahan kimia.

Pada awalnya, rambut kamu mungkin akan terasa kasar dan kering. Tapi jangan khawatir, karena rambut kamu bakal menjadi lembut setelah beberapa hari.

Manfaat Jati Cina untuk Rambut

9. Mewarnai Rambut Secara Alami

Kalau kamu menginginkan rona pirang pada rambut kamu, kamu bisa coba menggunakan senna. Sena mengandung asam krisofanat, turunan dari antrakinon, yang memberikan warna kuning lembut pada rambut.

10. Mengatasi Rambut Rontok

Senna bukan cuma bisa mempercantik rambut kamu. Sena juga bisa memperbaiki kondisi kulit kepala kamu, mengurangi ketombe, bahkan mengatasi rambut rontok dengan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala.

Manfaat Kesehatan Lainnya

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita bertanggung jawab untuk memerangi penyakit. Namun, bersamaan dengan bertambahnya usia kita, kemampuan sistem kekebalan tubuh dapat menurun, sehingga perlu dibantu dalam menjalankan fungsinya.

Jati cina dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan menstimulasi sel darah putih dalam memerangi patogen penyebab penyakit.

Teh Daun Jati Cina Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

12. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Jati china dapat membantu menjaga fungsi paru-paru dan juga bisa digunakan untuk mengobati asma dan penyakit pernapasan lain.

Sena mengurangi peradangan pada paru-paru sehingga memperlancar pernapasan. Senna juga efektif dalam membatasi aktivitas virus yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan dan mencegah pembentukan lendir pada lapisan alveolus di dalam paru-paru.

13. Mencegah Perkembangan Bakteri

Infeksi bakteri dapat menjadi berbahaya saat bakteri berkembang biak, dan mengalahkan sistem kekebalan tubuh.

Senna memiliki sifat bakteriostatik yang memperlambat perkembangbiakan bakteri. Ditambah dengan sistem kekebalan tubuh yang efisien, sebagian besar infeksi dapat ditangani secara efektif.

14. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut diakibatkan oleh kebersihan gigi yang buruk dan kebiasaan yang tidak sehat lainnya.

Cairan teh jati china dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut secara alami.

15. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Jika kamu meminum teh daun senna secara rutin, kamu akan mengeluarkan cairan dan garam berlebih dari tubuh kamu, sehingga membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Cairan Teh Jati Cina Menghilangkan Bau Mulut

16. Mengobati Wasir

Sena juga telah terbukti efektif dalam mengobati wasir dan luka pada anus, karena mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jati cina juga melembutkan kotoran, sehingga mempermudah buang air besar saat dubur terluka.

17. Mengobati Cacingan

Cacing gelang bisa hidup di perut kita dan mengambil nutrisi dari tubuh. Jika tidak dieliminasi, cacing-cacing ini dapat terus berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Senyawa laksatif pada senna dapat mengeliminasi cacing gelang yang berada di dalam perut dan usus.

Efek Samping Teh Jati Cina

Walaupun memiliki banyak manfaat kesehatan, teh daun jati cina dapat memiliki efek samping jika disalahgunakan.

Beberapa efek samping daun senna termasuk:

  • diare
  • kram/kejang otot
  • dehidrasi
  • sakit perut

Cara Minum Teh Jati Cina

Untuk menghindari efek samping teh jati cina, penting untuk mengikuti cara minum teh daun jati cina yang benar.

Cara Minum Teh Jati Cina

  • Minum air tambahan dalam jumlah yang cukup banyak saat mengonsumsi teh daun jati cina. Hal ini untuk mencegah dehidrasi, terutama saat mengalami diare. Ganti air dengan larutan oralit, jika perlu.
  • Kurangi dosis teh jati cina, jika mengalami kram atau sakit perut, sampai efek sampingnya hilang.
  • Jangan gunakan teh daun jati cina lebih dari 2 minggu secara berturut-turut. Beri jeda 1 minggu sebelum kembali mengonsumsi teh daun senna.
  • Jika efek samping teh daun jati cina terus berlanjut, segera hubungi dokter.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah ada efek samping teh daun jati cina untuk ibu menyusui?

Tidak. Beberapa studi terkendali di Amerika Serikat menemukan bahwa penggunaan senna oleh ibu menyusui tidak menunjukkan adanya efek pada bayi.

Bahkan, American Academy of Pediatrics (asosiasi profesional ilmu kesehatan anak Amerika Serikat) menyatakan bahwa teh jati cina boleh dikonsumsi saat menyusui.

Silakan baca laporan penelitiannya di sini.

Teh Jati Cina Aman untuk Ibu Menyusui

Apa efek minum teh daun jati cina saat haid?

Tidak ada penelitian medis yang menunjukkan adanya efek negatif dari meminum teh daun jati cina pada saat datang bulan.

Sebuah laporan yang dimuat di Journal of Ethnopharmacology malah menyatakan bahwa tanaman jati cina telah umum digunakan di berbagai pelosok dunia untuk membantu memperlancar haid dan mengurangi rasa sakit yang dapat terjadi pada saat menstruasi.

Apakah meminum teh daun jati cina bisa membuat rahim kering?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Meminum teh daun jati cina tidak membuat rahim menjadi kering atau mengakibatkan kemandulan pada wanita.

Jawaban selengkapnya, silakan baca di sini.

Apakah boleh teh jati cina untuk ibu hamil?

Boleh. Teh jati cina boleh digunakan oleh ibu hamil.

Konstipasi sering dialami oleh ibu hamil, terutama menjelang kelahiran sang bayi. Teh daun jati cina dapat digunakan oleh ibu hamil untuk membantu mengatasi sembelit. Walaupun demikian, ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan teh daun senna untuk menghindari dehidrasi.

Hal ini telah dikonfirmasikan melalui laporan penelitian yang dilakukan oleh Virtual University of Pakistan.

Teh Jati Cina Aman untuk Ibu Hamil

Penelitian lain juga melaporkan bahwa meminum teh jati cina selama kehamilan tidak menyebabkan kecacatan pada bayi.

Kesimpulan

Di antara banyak manfaat daun jati cina untuk kesehatan, manfaat daun jati cina untuk menurunkan berat badan adalah yang paling sering didengar.

Teh daun jati cina memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, jika disalahgunakan, teh daun jati cina dapat memiliki efek samping.

Untuk menghindari efek samping daun senna, jangan lupa untuk mengikuti aturan minum teh jati cina yang benar.

Kamu punya pengalaman positif dengan teh daun jati cina? Ayo bagikan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *